Dalam mengembangkan
pasar baru akan dihadapkan dalam mengambil keputusan, yaitu apakah mengenalkan produk baru?, maka dari itu dibutuhkannya strategi. Dalam
mengembangkan pasar atau produk baru ada yang namanya silklus hidup produk,
yaitu tahapan suatu produk berkembang di suatu area pasar. Berikut terdapat
tahapan dari siklus hidup produk.
Terdapat 4 tahap dalam siklus hidup produk
·
Introduction
Tahap ini produk diperkenalkan ke masyarakat, penjualan
sangat lambat, karena orang belum tau tentang produk ini. Biaya yang perpelanggan tinggi, biasanya belum ada
profit, karena banyak mengeluarkan untuk pengenalan produk. Pada tahap ini
harus mencari inovasi baru untuk menarik pelanggan. Pesaing tahap ini sedikit,
hanya beberapa saja.
Sebaiknya melakukan iklan sebanyak empat kali untuk :
1.
Mengenalkan produk kepada pelanggan
2.
Agar pelanggan mengetahui isi atau tentang dari
produk
3.
Masyarakan akan memilih untuk mecoba produk baru
atau meneruskan produk lama
4.
Keputusan membeli atau tidak membeli
·
Growth
Orang-orang sudah mulai tau, penjualan (profit) sudah mulai berkembang, sebaiknya
mengeluarkan produk dengan harga murah untuk menarik pelanggan, kompetitor akan
bermunculan
·
Maturity
Penjualan (profit) akan mulai menurun, karena produk itu sudah
mencapai penjualan potensial, menggunakan strategi promosi agar tetap pada
tahap growt, yaitu penjualan tetap tumbuh, kompetitor semakin merebak. Seluruh
pelanggan pada suatu area sudah mengetahui produk tersebut, sehingga perlu
untuk membuat produk baru
·
Decline
Profit akan jatuh, produk tidak terlalu menarik lagi bagi
konsumen, tahapan ini sebaiknya menghentikan iklan dan mulai untuk membuat
produk baru karena mungkin saja produk tersebut akan dihentikan pada kedepan
hari. Pada terakhir produk harus dikembangakan dan diperbaharui dan akan masuk
lagi pada tahap perkenalan (introduction).
Berikut terdapat kriteria dalam siklus hidup produk yang sudah dibahas diatas
Lalu bagaimana mengatur manurity produk agar tetap growt?,
paling tidak bertahan penjualnnya
Penetrasi Pasar (Existing
produk-Existing market)
Kondisi diantara produk yang
sudah ada atau produk lama dengan area pasar yang sudah ada atau sudah lama,
yaitu dengan cara meyakinkan pelanggan yang memakai produk pesaing untuk
memakai produk kita (contoh, dengan promosi dan menurunkan harga)
Pengembangan produk (New
product-Existing market)
Kondisi dimana produknya baru di
dalam area pasar yang sudah ada taua pasar yang lama), yaitu membuat inovasi
atau mengembangkan produk kita sehingga menarik pelanggan (contoh, menambah
fitur tertentu pada suatu produk)
Pengembangan pasar (New
market-Existing product)
Kondisi dimana area pasar baru
denga produk yang sudah ada atau produk yang lama), yatu memasarkan di suatu
area pasar dan menambah suatu area pasar lainya (contoh, yang awalnya hanya
memasarkan di pulau jawa, tetapi sekarang memasarkan juga ke pulau sumatra)
Diversification (New market-New
produk)
kembali lagi pada tahapan-tahapan
siklus hidup produk
No comments:
Post a Comment