Forecasting Regresi Linier menggunakan software POM QM for Windows dan analisis outputnya

Berikut merupakan data yang memiliki pola kecenderungan linier, maka cocok untuk menggunakan metode forecasting regresi linier.

Contoh data tersebut adalah regresi linier dengan 1 variabel bebas (X). Artinya variabel bebas (periode) mempengaruhi nilai aktual. Atau nilai aktual dipengaruhi oleh varibel bebas (periode). Regresi liner dengan 1 variabel bebas disebut dengan regresi linier sederhana, sedangkan jika terdapat lebih dari 1 varibel bebas disebut regresi liner berganda. Berikut adalah grafik data di atas yg menunjukkan adanya trend (kecenderungan) linier.
  1. Setelah membuka software-nya, akan tampil gambar seperti di bawah, lalu klik forecasting - time  series analysis
  2. Selanjutnya isi number of past periode sesuai jumlah data, pada data di atas berjumlah 24, klik ok.
  3. Lalu akan ditampilkan seperti halaman di bawah ini setelah memilih metode regresi linier atau linier regresion/least square dan mengisi datanya. X value for forcast hanya untuk mengetahui nilai forecasting pada periode ke-x.
  4. Selanjutnya klik solve, maka terdapat beberapa hasil seperti gambar di bawah
MAD artinya rata-rata kesalahan mutlak forecasting terhadap data. Pada hasil di atas MAD sebesar 147,50. MSE artinya rata-rata kesalahan forecasting yg dikuadratkan. Pada hasil di atas MSE sebesar 29.578,5. MAPE artinya rata-rata persentase kesalahan(errror) mutlak forecasting terhadap data. Pada hasil di atas MAPE sebesar 5,066%. Nilai MAPE tersebut sangat kecil (kurang dari 50% dan juga mendekati nol), hal tersebut menunjukkan metode peramalan yg digunakan sangat cocok atau tepat. Semakin kecil nilainya, maka semakin akurat forecasting-nya. Metode regresi linier dapat diketahui nilai forecast-nya untuk periode mendatang. Pada gambar di atas disajikan forecast periode mendatang dari periode 25 hingga 38. Berikut merupakan hasil forecasting
Selain menggunakan software POM QM for Windows, ada banyak software lainnya yang bisa melakukan forecasting. Contohnya Ms. Excel dan WIN QSB. Hasil forecasting berikut ini menggunakan fungsi solver pada Ms. Excel. Predicted Y merupakan hasil forecasting-nya.

No comments: