Peta kerja


Peta Kerja Keseluruhan
Peta kerja keseluruhan adalah suatu peta kerja yang menggambarkan seluruh kegiatan kerja dari awal hingga menjadi produk akhir. Peta kerja keseluruhan terdiri atas peta proses operasi, peta aliran proses dan diagram aliran. Berikut penjelasan dan hasil pemetaan yang telah dibuat serta pembahasan/analisis dari masing-masing peta.


Peta Proses Operasi
Peta proses operasi menggambarkan rangkaian keseluruhan bahan yang kemudian diproses sampai akhir hingga menjadi produk akhir yaitu Rak Minimalis. Peta ini memuat informasi tentang waktu yang dihabiskan, material yang digunakan, dan alat mesin yang dipakai. Peta proses operasi ini terdiri dari 5 komponen, yaitu komonen papan panjang, papan alas, papan pendek, papan sekat dan papan belakang. Berikut Gambar 5.1 Peta Proses Operasi Proses Pembuatan Rak Minimalis.

peta proses operasi
gambar 5.1 Peta proses operasi

Peta proses operasi menunjukan serangkaian proses yang dialami oleh bahan mentah hingga menjadi barang jadi. Peta proses operasi dalam pembuatan Rak Minimalis terdiri dari beberapa proses yang dilakukan pada 5 komponen diantaranya yaitu, papan panjang sebanyak 1 unit, papan alas sebanyak 1 unit,papan pendek sebanyak 1 unit,papan sekat sebanyak 2 unit dan papan belakang sebanyak 1unit.
Bagian atas merupakan keterangan yang dimiliki oleh peta. Nama obyek merupakan nama produk yang akan diproses, yaitu Rak Minimalis. Kemudian terdapat nomer peta, yaitu nomor yang akan mengurutkan peta yang dibuat berdasarkan proses pembuatan produk Rak Minimalis. Terdapat pihak yang melakukan pemetaan, lalu terdapat jenis peta yang dibuat pada peta proses operasi, yakni sekarang atau usulan, serta terdapat tanggal dipetakannya peta proses operasi tersebut.
Selanjutnya terdapat keterangan tiap komponen disertai dengan ukuran sebelum komponen tersebut diproses dan setelah komponen tersebut diproses serta banyaknya unit tiap komponen. Papan panjang dibuat sebanyak 1 unit dengan ukuran awal (57 x 35 x 1,7) cm, kemudian diproses sehingga memiliki ukuran akhir (55 x 35 x 1,7) cm. Papan alas  dibuat sebanyak 1 unit dengan ukuran awal (41 x 35 x 1,7) cm, kemudian diproses sehingga memiliki ukuran akhir (39,5 x 35 x 1,7) cm. Papan pendek dibuat sebanyak 1 unit dengan ukuran awal (47 x 35 x 1,7) cm, kemudian diproses sehingga memiliki ukuran akhir (45 x 35 x 1,7) cm. Papan sekat kanan dibuat sebanyak 2 unit dengan ukuran awal (38 x 35 x 1,7) cm, kemudian diproses sehingga memiliki ukuran akhir (36 x 35 x 1,7) cm. Papan belakang dibuat sebanyak 1 unit dengan ukuran awal (41 x 37 x 0,4) cm, kemudian diproses sehingga memiliki ukuran akhir (39,5 x 35 x 0,4) cm.
Dilanjutkan dengan proses yang dialami oleh setiap komponen. Tanda lingkaran menunjukan adanya proses operasi, segi empat menunjukan adanya proses inspeksi, segitia terbalik menunjukan adanya proses penyimpanan dan gabungan antara lingkaran dan persegi menunjukan aktivitas gabungan antara operasi dengan inspeksi. Setiap operasi yang dialami oleh setiap komponen diiringi dengan keterangan proses dan alat yang digunakan serta waktu penyelesaiannya. Seperti pada proses pengukuran papan alas dilakukan dengan menggunakan meteran selama 0,43 menit, lalu urutan pengukuran selanjutnya adalah papan pendek kemudian papan panjang dengan masing-masing waktu 0.38 hingga urutan pengukuran komponen terakhir. Proses pemotongan dan pemerikasaan dilakukan dengan menggunkaan mesin circural saw, dimulai dari memotong papan belakang selama 0,76 menit, selanjutnya memotong papan sekat selama 0,91 menit, dan proses pemotongan terus dilakukan hingga urutan pemotongan komponen terakhir.
Proses merakit terdiri dari 4 perkitan dan dilakukan dengan menggunakan palu, paku serta lem, urutan pertama adalah merakit papan panjang dengan papan alas dilakukan menggunakan palu selama 1,37 menit, tanda lingkaran dan segi empat pada proses merakit menunjukkkan sebuah operasi dan pemerikasaan. Selanjutnya merakit rakitan 1 dengan papan pendek menggunakan palu, menunjukkkan sebuah operasi dan pemerikasaan  dengan waktu 0,65 menit. Setelah itu merakit rakitan 2 dengan papan sekat sebanyak 2 unit menggunkan palu, menunjukkkan sebuah operasi dan pemerikasaan  dengan waktu 3,24 menit. Perakitan terakhir, yaitu merakit rakitan 3 dengan papan belakang mengunakan palu, menunjukkan sebuah operasi dan pemeriksaan dengan waktu 1,92 menit. Setelah proses perakitan selesai, selanjutnya adalah proses penghalusan. Proses penghalusan menggunkan mesin gerinda halus dengan waktu 2,5 menit, menunjukkan proses operasi dan pemeriksaan. Setelah produk Rak Minimalis dihaluskan, selanjutnya di pernis menggunakan kuas dengan waktu 6,15 menit, menunjukkan proses operasi dan pemeriksaan. Selanjutnya produk minmalis disimpan ke gudang penyimpanan.
Ringkasan peta proses operasi terdiri atas 27 kegiatan operasi yang ditunjukkan dengan kegiatan operasi berjumlah 16 operasi dengan waktu total operasi selama 21,05 menit, dan kegiatan pemeriksaan berjumlah 11 pemeriksaan dan waktu total pemeriksaan sudah tercantumkan dalam waktu kegiatan operasi.


Peta Aliran Proses
Peta aliran proses menggambarkan urutan-urutan dari operasi, pemeriksaan, transportasi, menunggu, dan penyimpanan dalam satu proses beserta waktu dari masing-masing operasi. Peta aliran proses ini terdiri dari lima peta, yaitu peta aliran proses papan panjang, papan alas, papan pendek, papan sekat dan papan belakang. Peta aliran proses ini dibuat berdasarkan informasi yang terdapat pada peta proses operasi produk Rak Minimalis. Berikut peta aliran proses dari produk Rak Minimalis.

peta aliran proses
gambar 5.2 Peta aliran proses (papan panjang)

peta aliran proses
gambar 5.3 Peta aliran proses (papan alas)

peta aliran proses
gambar 5.4 Peta aliran proses (papan pendek)

peta aliran proses
gambar 5.5 Peta aliran proses (papan sekat)

peta aliran proses
gambar 5.6 Peta aliran proses (papan belakang)

Peta aliran proses merupakan peta yang menggambarkan proses yang dialami setiap komponen disertai dengan keterangan waktu serta jarak tiap perpindahan prosesnya. Peta aliran proses ini terdiri dari lima peta, yaitu peta aliran proses papan panjang, peta aliran proses papan alas, peta aliran proses papan pendek, peta aliran proses papan sekat dan peta aliran proses papan belakang. Berikut gambar peta dari setiap komponen pada produk Rak Minimalis.

Peta aliran proses pada produk rak minmalis menunjukkan tahapan awal hingga akhir pada masing-masing komponen. Tahapan-tahapan itu terdiri dari operasi, pemeriksaaan, transportasi, menunggu dan penyimpanan. Komponen-komponen tersebut terdiri dari papan panjang sebanyak 1 unit, papan alas sebanyak 1 unit, papan pendek sebanyak 1 unit, papan sekat sebanyak 2 unit, dan papan belakang sebanyak 1 unit. Lambang O menunjukkan kegiatan operasi, lambang □ menunjukkan kegiatan pemeriksaan, lambang  → menunjukkan kegiatan transpotasi,   lambang D menunjukkan menunggu, lambang ▼ menunjukkan kegiatan penyimpanan.
Komponen papan panjang adalah komponen utama, dimulai dari kegiatan penyimpanan yang berada dalam gudang, lalu kegiatan transportasi, yaitu membawa papan penjang ke tempat pengukuran dengan jarak 2 meter dalam waktu 0,04 menit. Setelah sampai di tempat pengukuran, papan panjang menunggu papan alas dan papan pendek untuk diukur dengan waktu tunggu 0,81 menit, lalu mengukur papan panjang dengan meteran dengan waktu 0,31 menit, lambang lingkaran pada pengukuran menunjukkan proses operasi. Selanjutnya menunggu papan sekat dan papan belakang diukur dengan waktu 1,54 menit untuk dibawa ke tempat pemotongan. Papan panjang dibawa ke tempat pemotongan dengan jarak 3 meter dalam waktu 0,03 menit. Setelah sampai tempat pemotongan, papan panjang menunggu papan belakang dan papan sekat dipotong selama 1,67 menit, lalu memotong papan panjang menggunakan cicular saw dalam waktu 0,27 menit, lambang lingkaran dan persegi pada pemotongan menunjukkan kegiatan operasi dan pemeriksaan. Selanjutnya menunggu papan pendek dan papan alas dipotong selama 0,53 menit, lalu papan panjang dibawa ke tempat perakitan yang berjarak 1,5 meter dalam waktu 0,02 menit. Selanjutnya merakit papan panjang dan papan alas menggunakan palu dalam waktu 1,37 menit, lalu merakit rakitan 1 dengan papan pendek menggunakan palu dalam waktu 0,65 menit, kemudian merakit rakitan 3 dengan papan sekat sebanyak 2 unit menggunakan palu dalam waktu 3,24 menit, perakiran terakhir merakit rakitan 3 dengan papan belakang menggunakan palu dalam waktu 1,72 menit, lambang lingkaran dan persegi pada semua perakitan menunjukkan kegiatan operasi dan pemeriksaan. Setelah perkitan selesai, selanjutnya membawa Rak Minimalis ke tempat penghalusan dengan jarak 2 meter dalam waktu 0,2 menit. Rak Minimalis dihaluskan dengan menggunkan mesin gerinda dalam waktu 2,37 menit, lambang lingkaran dan persegi pada kegiatan penghalusan menunjukkan kegiatan operasi dan pemeriksaan. Selanjutnya Rak Minimalis dibawa ke tempat pengecatan dengan jarak 1 meter dalam waktu 0,13 menit, pengecatan produk menggunakan kuas dan pernis dalam waktu 5,52 menit, lambang lingkaran dan persegi pada kegiatan pengecatan menunjukkan kegiatan operasi dan pemeriksaan. Setelah produk dicat, selanjutnya dibawa ke tempat penyimpanan dengan jarak 1  meter dalam wakttu 0,63 menit, dan produk berada dalam gudang penyimpanan.
Ringkasan peta aliran proses produk Rak Minimalis menunjukkan kegiatan operasi berjumlah 8 yang memiliki waktu selama 15,45 menit. Kegiatan pemerikasaan berjumalah 7 dan waktunya sudah tercantum didalam kegiatan operasi. Kegiatan transportasi berjumlah 6 dengan waktu 1,05 menit. Kegiatan menuggu berjumlah 4 dengan waktu 4,55 menit. Kegiatan terakhir adalah kegiatan penyimpanan dengan jumlah 2. Hasil jarak total dari peta proses operasi produk minmalis didapatkan 10,5 meter.
Gambar 5.3 hingga gambar 5.6 adalah peta aliran proses komponen tambahan yang masing-masing peta tersebut memiliki waktu total yang sama pada ringkasan, yaitu 5.22 menit. Komponen tambahan tersebut adalah papan alas sebanyak 1 unit, papan pendek sebanyak 1 unit, papan sekat sebanyak 2 unit dan papan belakang sebanyak 1 unit. Keempat peta aliran tersebut memiliki waktu selama 0,04 menit untuk transportasi material dari gudang penyimpanan ke tempat pengukuran. Waktu selama 0,03  menit untuk transportasi dari tempat pengukuran ke tempat pemotongan, dan waktu selama 0,02 menit untuk transportasi dari tempat pemotongan ke tempat perakitan.

4 comments:

Unknown said...

Ini ada contoh gambar produk jadinya ngak?

YUDA said...

Tidak ada bagian samping kah ?

YUDA said...

Ada gambar teknik nya kak ?

Anonymous said...

Oooool