Menggunakan metodologi QFD dalam proses perancangan
dan pengembangan produk, untuk memulai metodologi tersebut langkah awal adalah
membuat House of Quality (HOQ), yang bertujuan
mendapatkan karakteristik dominan yang akan dijadikan prioritas dalam suatu
perencanaan produk. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk
mengaktifkan House of Quality dengan
aplikasi QFD Designer versi 5.
Siklus hidup produk dalam strategi pemasaran
Dalam mengembangkan
pasar baru akan dihadapkan dalam mengambil keputusan, yaitu apakah mengenalkan produk baru?, maka dari itu dibutuhkannya strategi. Dalam
mengembangkan pasar atau produk baru ada yang namanya silklus hidup produk,
yaitu tahapan suatu produk berkembang di suatu area pasar. Berikut terdapat
tahapan dari siklus hidup produk.
Patok Duga
Benchmarking atau patok duga adalah suatu kegiatan menetapkan standard
dan target, yaitu dengan membandingkan dan mengukur secara terus-menerus
terhadap produk barang dan jasa, serta proses-proses nya yang ditetapkan oleh
para pesaing yang dianggap unggul pada bidannya. Dengan melakukan benchmarking,
suatu organisasi dapat mengetahui sudah seberapa jauh mereka dibandingkan
dengan yang terbaik dari sejenisnya.
Tahapan Mengembangkan Produk
Dalam pembuatan suatu produk
pasti akan menimbulkan suatu permasalahan,
baik jenis
produk apa yang akan dibuat, berapa
besar ukuran yang ditetapkan didalam produk itu sendiri, seperti apa kriteria
yang disukai banyak pelanggan, dan lain sebagainya. Permasalahan tersebut dapat di bantu dengan melakukan tahapan
perencanaan produk seperti data dimensi produk
referensi, kuesioner, distribusi frekuensi dan pengukuran, antropometri, spesifikasi produk, benchmarking dan
House of Quality.
Contoh studi kasus HOQ (House of Quality)
Bertujuan menunjukkan informasi untuk mengetahui tingkat prioritas karakteristik teknis yang digunakan dalam perencanaan produk. PT X ingin membuat produk, yaitu rak minimalis. PT X akan berusaha mencapai karakteristik teknis yang sesuai dengan target yang telah ditetapkan, dengan sebelumnya melakukan benchmarking terhadap produk pesaing. Perancangan produk PT X menggunakan software QFD yang dihasilkan house of quality. Berikut merupakan House of Quality dari produk rak minimalis PT X.
PT X = perusahaan yang sedang merencanakan pembuatan produk
PT Y = perusahaan pesaing
Contoh studi kasus Benchmarking
Contoh studi kasus Benchmarking (patok duga)
Benchmarking atau patok duga adalah suatu proses membandingkan suatu produk dengan produk pesaing, guna sebagai tolak ukur sejauh mana keunggulan suatu produk dengan produk pesaing. Berikut hasil dan pembahasan mengenai hasil benchmarking yang antara PT X dengan PT Y yang dijelaskan melalui kebutuhan pelanggan dan karakteristik teknis.
Benchmarking atau patok duga adalah suatu proses membandingkan suatu produk dengan produk pesaing, guna sebagai tolak ukur sejauh mana keunggulan suatu produk dengan produk pesaing. Berikut hasil dan pembahasan mengenai hasil benchmarking yang antara PT X dengan PT Y yang dijelaskan melalui kebutuhan pelanggan dan karakteristik teknis.
Subscribe to:
Posts (Atom)